Bisa Naik , Tapi Gak Bisa Turun !

Air Raksa

Air Raksa

AIR RAKSA, itulah jawabnya. Air raksa dalam termometer demam anak saya kelihatannya tidak bermasalah ketika naik, bahkan sering lebih tinggi daripada yang saya suka, dan tetap disana. Tapi, untuk menurunkannya lagi saya harus mengibaskannya keras – keras. Jika air raksa itu naik dengan mudah, mengapa tidak bisa turun sendiri ????

Apabila kita cermati, kita akan melihat bagian meyempit pada bagian bawah tabung kapiler yang diisi dengan air raksa. Dalam perjalanan naik, air raksa mempunyai kekuatan yang cukup untuk mengatasi hambatan di situ, jadi mampu melewatinya; tekanan sebuah zat cair yang memuai bisa kuat sekali. (ingat bahwa ketika air membeku dan memuai, tekanannya sanggup memecahkan pipa besi dan dinding beton.

4.1.1Ketika kita mengeluarkan termometer dari dalam mulut, temperatur pada bola tempat penampungan air raksa menurun, tetapi benang air raksa dalam tabung kapiler tidak turun; tetap berada ditempat tertingginya. Air raksa di tempat penampungan jelas menyusut kembali, tetapi air raksa itu tidak dapat menarik seluruh benang karena benang itu tidak cukup kuat; daya tarik antara atom – atom air raksa terlalu lemah untuk mengatasi gaya tarik ke bawah. (Kalau jauh lebih kuat, air raksa akan berwujud padat, alih alih zat cair.)

Maka alih – alih tertarik ke bola penampungan, benang air raksa terputus tepat diatas pemyempitan seperti benang jahit yang putus dibagian paling tipisnya. Air raksa di bola penampungan terus menyusut, meninggalkan sebuah ruang hampa diatasnya, seperti sebuah lokomotif yang meninggalkan rangkaiannya selewat sebuah celah sempit.

Ketika mengibaskan termometer itu, dengan gerakan mengayun, melingkar, gaya sentrifugal akan melontarkan benang air raksa ke arah luar, atau kearah bola penampungan. gaya ini bisa cukup kuat untuk mengatasi gesekan dengan celah penyempitan. BEGITUUUUUUU

• Einstein Aja Gak Tau (Penjelasan ilmiah tentang peristiwa sehari-hari)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s